Jumat, 19 Maret 2010

England and It's Passport


. . . . Semalam Inggris bertanding lagi. Tajuknya adalah 'persahabatan' sekaligus juga pesiapan tim sebelum memulai kiprah di Piala Dunia 2010 mendatang. Lawan mereka adalah Mesir, juara Piala Afrika tahun ini yang dahulu merupakan bagian panjang dari koloni Inggris Raya. Namun sayang, karena beberapa alasan teknis, saya tak sempat menyaksikan langsung pertandingan itu. Padahal ada rasa ingin tahu konsistensi dari tim ini, terutama ditengah semarak kasus Terry - Wayne Bridge. juga komposisi tim ini, dan bagaimana keterpaduan mereka saat melebur dalam warna tim yang sama.

Syukurlah, mereka bisa menang 3-1. APling tidak, kemenangan ini bisa sedikit membungkam ketakutan publik Inggris akan dampak dari polemik pribadi antar pemain yang tengah terjadi dalam tim saat ini.

Piala Dunia sendiri memang masih menyisakan waktu 3 bulan lebih. Capello saat ini, mungkin tengah grasa-grusu dengan seperangkat tim ahli-nya guna menentukan ke-22 pemain yang berhak mengantongi pasport sebagai bagian dari tim The Three Lions. Dan sebagai pecinta tim ini, saya akan mencoba memprediksi nama-nama yang kemungkinan besar akan mendapat 'passport' itu :

A. Golden Passport )*asalkan tidak ada cedera atau extraordinary condition lainnya)

Kategori ini adalah para pemain yang menurut saya, sudah dipastikan akan dipanggil, sekaligus akan mengisi starting line-up skuad Inggris. Penampilan apik mereka selama beberapa waktu terakhir menjaminkan posisi itu. Bahkan jika mereka melalui sisa musim ini dengan buruk, saya menjamin nama mereka tak akan bergeser dan tim utama.

WAYNE ROONEY
20 gol yang sudah di koleksi hingga bulan Maret ini, membuat namanya akan langsung tertulis dalam formasi utama tim Inggris. Sejak zaman Alan Sherer, daratan Inggris tak pernah lagi menelurkan seorang anak negeri yang konstan untuk mencetak banyak gol, hingga kemudian Rooney melakukannya di tahun ini. Apalagi, Inggris saat ini tengah minim stok penyerang yang stabil dan konstan memberi tekanan ke lawan . .

JOHN TERRY
Saya masih menyimpan kekaguman pada kapasitas dan kewibawaan pemain ini, walaupun skandal 'memalukan' tengah menerpa dia. Secara objektif, permainannya masih yang terbaik untuk deretan pemain belakang yang saat ini berlaga di Premiership. Konsisten dibelakang pertahanan, jarang melakukan blunder dan seorang pekerja keras yang tangguh. SAaya bahkan masih menjamin posisinya dibanding Rio Ferdinand.

STEVEN GERRARD
Dalam beberapa tahun terakhir ini, namanya konstan memberikan manfaat bagi setiap tim yang dibelanya. Di timnas Inggris, Gerrad merupakan pemain tengah yang paling sering tampil. Kelebihan pemain ini adalah fleksibilitasnya dalam bermain. Hampir semua posisi di lini tengah fasih dimainkannya. Bahkan, agresifitas yang dimilikinya kerap menjadi solusi saat lini depan mentok dan tak bertaji. Di tengah ramainya para pemain memperebutkan posisi di lini tengah Inggris, saya menjamin kalo Gerrard tak akan terusik.

ASHLEY COLE
Dalam 10 tahun terakhir ini, Timnas Inggris tak pernah memiliki alternatif yang sepadan dengan pemain ini untuk posisi bek sayap kiri. Stamina prima, konsistensi yang terjada, serta kecepatan dan naluri mencetak golnya jarang dimiliki secara serempak oleh pemain lain yang se-posisi dengannya. Saya berani untuk menyetarakannya dengan tipikal Roberto Carlos, sayap kiri mungil asal Brasil yang juga tak tergantikan.

RIO FERDINAND

Salah satu kapasitas yang membuat pemain ini masuk ke jajaran Golden Passport adalah karena dia konsisten membawa klubnya ke area terhormat. Mental juara, itulah yang diharapkan oleh Capello dari pemain ini. Karakter CApello memang seperti itu. Terlebih, duet-nya bersama Terry dilini belakang, nyaris tak terganggu oleh pemain lain.


****

B. Silver Passport

Kategori ini, adalah pemain-pemain yang saya yakini akan masuk di skuad tim Inggris ke Piala Dunia 2010 mendatang, namun posisinya di Tim utama belum terjamin.

1. FRANK LAMPARD

Inisiator serangan, dan merupakan salah satu yang terbaik di Liga Inggris saat ini. Cara bermainnya sangat sederhana, namun efektif. Begitupula dengan kualitas tendangan jarak jauhnya yang memang cukup akurat. Permainannya di level klub sangat konstan sehingga mampu memapankan Chelsea di jajaran papan atar Premiership. Sayang, dilevel timnas permainannya kerap berbenturan dengan Stevie Gerarrd. Dan dalam catatan yang sbenelum-sebelumnya dia yang lebih sering 'dikorbankan' untuk menjaga ritme di lini tengah

2. Gareth Barry

Dalam setahun terakhir ini, namanya sering muncul dalam pertandingan tim Inggris. Dia bahkan mampu menggeser seorang Frank Lampard yang lebih senior baik di level klub maupun timnas. Permainannya yang begitu padu dengan Steven gerarrd, membuatnya diplot sebagai solusi dari disharmoni antara Gerrard-Lampard. Sayang, kepindahannya ke Man City dianggap sedikit menurunkan kualitas permainannya.

3. Peter Crouch

Bewrapa banyak gol yang dihasilkannya semusim ini ?? Jawabannya : Tidak Banyak. Namun pemain jangkung ini, menurutku, memiliki Silver passport yang akan membuatnya dipanggil ke Afsel nanti. Postur tubuhnya yang jangkung merupakan nilai jual sekaligus alternatif bagi lini depan Inggris. Memang, selama ini Crouch banyak membuat kejutan dengan gol-golnya pada sesi kualifikasi ataupun persahabatan. Namaun dia belum begitu teruji saat tampil di ajang resmi.

*****

Nama-nama diatas merupakan hasil analisis mendalam tentang perjalanan Timnas Inggris dalam beberapa waktu terakhir ini yang di kolaborasikan dengan analisis kebutuhan dan kepentingan tim. Sekarang, saya akan coba melihat siapa-siapa saja yang, menurut saya, akan mengisi tiap posisi dalam skema permainan Capello di Afsel Juni mendatang :

A. Kiper

Menurut saya, inilah posisi yang paling 'gelap' dan sulit untuk diramalkan. Pasca pensiunnya David Seaman, Inggris seakan kehilangan nama yang bisa dimapankan di posisi itu. Memang sempat ada dua nama yang diproyeksikan selama beberapa tahun. Yaitu David James dan Paul Robinson. Sayang, kedua kiper itu terlalu sering membuat kesalahan elementer yang tak penting. Ada beberapa nama yang hadir sebagai alternatif dan sempat di ujicobakan. Sebut saja Robert Green, Ben Foster dan Joe Hart, yang beberapa waktu terakhir mencuri perhatian publik dengan penampilan gemilangnya. Tapi, mereka terbentur minimnya jam terbang untuk level tinggi. Apalagi di ajang Piala Dunia. Namun saya sendiri menganggap kalau Capello tak akan mengambil resiko untuk ajang yang satu ini. Nama-nama lama mungkin masih akan hadir, seperti David James, dengan pelapisnya Paul Robinson. Sementara untuk kiper ketiga, kemungkinan besar Nama Rober Green yang akan diusung.

B. Bek Kiri

Sekali lagi, nama Ashley Cole akan sulit tergantikan jika dia dalam keadaan fit. Publik Inggris dan saya tentunya, sangat berharap dia akan pulih secepatnya. Di belakang dia, muncul nama Leighton Baines yang saat ini membela Everton. Tipikal Bek kiri ini memang dianggap paling pas untuk melapis agresivitas Ashley. Berikutnya, Wayne Bridge merupakan nama yang layak untuk disorong. Potensi pemain ini cukup baik, namum kemudian tenggelam karena terlalu lama jadi pelapis Ashley Cole di Chelsea. Hingga kemudian dia mulai menemukan lagi sentuhan saetelah berpisah dari Ashley Cole. Kasus yang barusan menimpanya akan menjadi pertimbangan kuat bagai Capello saat menentukan nasibnya di Timnas. Oh iya, Nama lain yang diproyeksikan diposisi itu adalah Steven Warnock. Cuma, pemain ini memang relatif belum se-stabil Baines.

C. Bek Kanan

Mirip dengan posisi Kiper, sektor bek kanan Inggris belum menemukan sosok ideal pasca uzurnya Gary Neville. Namunmenurutku, ada tiga nama yang bisa disorong untuk posisi itu. Pertama : Micah Richard. Anak muda ini menjelma menjadi wonder kid pada beberapa partai kualifikasi lalu dengan permainan apiknya. Kuat bertarung dan sangat fleksibel dalam menyerang ataupun bertahan. Namun sayang, diklubnya, Manchester City, Richard sering dimainkan di posisi Bek tengah, sehingga dia kehilangan sentuhan sebagai seorang bek sayap. Kedua : Glenn Johnson. Menurutku, inilah pemain yang bisa mengimbangi kecepatan serta agresifitas Ashley Cole di sektor kiri. Penampilannya bersama Liverpool cukup baik dan terlihat semakin matang. Namun, agresifitasnya yang terlalu tinggi kadang menjadi pertimbangan sulit bagi Capello. Ketiga Wesh Brown : Posisi aslinya adalah Bek tengah, namun di MU, pemain ini diplot sebagai bek sayap semenjak dua tahun lalu. Dibanding yang lainnya, dia lebih dominan untuk bertahan. Kelemahan paling mendasar dari pemain ini adalah rentan pada cedera dan akrab dengan blunder. Apalagi kalo emosinya lagi meningkat, dia mudah untuk dilewati pemain lawan.

D Duet Bek Tengah

Posisi inti di tim ini, mutlak milik duet Terry-Ferdinand. Makanya pemain yang se-posisi dengan mereka harus tahu diri untuk sekedar ikut sebagai pelapis. Pemain-pemain yang layak masuk sebagai pelapis itu diantaranya adalah Matthew Upson. Prestasinya bersama Aston Villa dalam beberapa waktu terakhir ini sudah cukup untuk menjadi daya pemikatnya. Apalagi, namanya memang bukan yang baru untuk timnas Inggris. Untk jatah bek tengah selanjutnya, saya sempat berharap nama Jonathan Woodgate yang hadir. Namun, cedera sering membuatnya absen dan kehilangan sentuhannya sebagaimana yang sudah-sudah. Nama lain yang menjadi nominasi adalah Joleon Lescott dari Man. City. Dia sempat tampil apik di beberapa sesi kualifikasi dan di plot di bek kiri untuk menggantikan Ashley Cole yang cedera pada waktu itu. Namun, akhir-akhir ini dia kerap tampil buruk bersama City, dengan blunder-blunder kikuknya. Hal ini jauh berbeda saat dia masih berkostum Everton setahun yang lalu. Tapi kemungkinan, Capello akan lebih menitikberatkan pertimbangannya pada penampilan bagus Lescott di ajang kualifikasi beberapa bulan silam.


E Duet Gelandang Tengah

Inggris saat ini, adalah Inggris yang memiliki stok melimpah dilini tengah. Mereka puynya banyak pemain yang bnermain bagus di level klub dan layak untuk masuk timnas Inggris. Namun sayang, biasanya permainan mereka mandek saat harus tampil bersama. Nama Steven Gerrad adalah nama paten di lini tengah ini. Sekarang tinggal mencari, siapa yang akan menemaninya. Selama ini Gerrard dan para pengamat lain, menganggap Gareth Barry adalah padanan yang pas buat dia. Pengertian diantara pemain ini sangat baik. Konsekuensinya, Frank Lampard kadang harus rela untuk diparkir. Sebagai pelapis mereka, hadir nama Michael Carrick, dan Jeremaine Jenas.

F. Gelandang Kiri

Banyak orang yang mengatakan, bahwa talenta pesepakbola di Inggris saat ini, tak ada yang fasih dengan kaki kirinya. Akibatnya, Inggris pun minim stok untuk posisi ini. Salah satu diantara yang minim adalah Stewart Downing, yang bermain untuk Aston Villa. Penampilannya mungkin tidak begitu istimewa (jika dibandingkan dengan rekan se-timnya James Milner),. Namun sekali lagi, karena sulit untuk menemukan talenta sepadan yang fasih menendang dengan kaki kiri, maka namanya hadir.
Tapi Downing tak sepenuhnya bisa menjadi aman. Penampilan apik rekan se-timnya, James Milner, sangat rawan untuk menggusurnya. Milner sendiri sebenarnya seorang sayap kanan yang juga kerap dimainkan sebagai gelandang serang denga kualitas penggunaan kaki kiri yang lumayan apik. Penampilannya yang luar biasa dalam beberapa waktu terakhir, akan membuat Capello menyediakan satu tempat buatnya. Dan tempat itu kemungkinan adalah di posisi gelandang sayap kiri.

G. Gelandang Kanan

Berbanding terbalik dengan posisi Kiri, gelandang sayap kanna di timnas Inggris punya banyak stok. Karakter merekapun rata-rata sama ; mungil, cepat dan agresif. Lihat saja nama-nama ini : Aoron Lennon, Shaun Wright Phillips dan The Walcott. Sulit untuk menemukan siapa yang paling pantas untuk mengisai starting line-up. Karena setiap dari mereka selalu menunjukkan kemampuan yang pantas saat dipercaya mengisi posisi itu. Sungguh, Capello akan sangat kesulitan memilih siapa diantara mereka yang akan di pakai. Kalau saya sendiri, melihat peluang Theo Walcott dan Shaun Wright Phillips yang paling besar berpeluang untuk itu. (jujur . . pusing ka' menentukan)

H. Penyerang

Saat nama Rooney sudah paten dengan satu jatah, maka siapa yang lainnya ?? Nama pertama yang akan saya sodorkan adalah Peter Crouch. Duet 'Rooney-Crouch' merupakan variasi untik dari dua kemapuan dan keunggulan yang berbeda. Keunggulan Crouch dari segi postur dan penguasaan bola akan menjadi modal bagus bagi Rooney yang tengah doyan-doyannya mencetak gol.
Sebagai pelapis mereka, Jeremaine Defoe akan hadir pada baris pertama. Salah satu kekuarangan dari pemain ini adalah inkosistensi-nya yang konsisten. Dia bisa tampil meledak sewaktu-waktu, lalu kemudian melempem dalam waktu yang lama. Hal itu terus dan selalu terjadi.
Pemain lain yang akan dijadikan pelapis adalah Emile Heskey. Tubuhnya yang relatif besar merupakan pelapis yang baik untuk Peter Crouch (yang memang kerap mendapat cedera secara tiba-tiba)

*****

Ada beberapa catatan penting terkait isi skuad The Three Lions ini :

1. Kemungkinan masuknya nama David Beckham akan mempengaruhi komposisi lini tengah Inggris. Dia bisa dimainkan sebagai gelandang kanan, yang berarti mengorbankan agresivitas dari sektor itu. Dan juga bisa dimainkan di posisi gelandnag tengah, dengan konsekuensi berubahnya struktur Gareth Barry-Steven Gerrard

2. Michael Owen masih harus berharap-harap cemas. Dia mesti mendapat banyak kesempatan untuk tampil disisa 3 bulan ini. dia masih mungkin untuk bersaing dengan Charlton, Cole, Darrent Bent dan Agbonlahor untuk menempati posisi Emile Heskey (yang menurut saya masih sangat rawan) . . .



**** SUPER SOCCER ANALYSIS LABORATORY

0 komentar:

Posting Komentar